Saat ini sedang dirintis kerja sama kota kembar antara Tula Oblast - Russia dengan pemerintah Kota Magelang – Indonesia dalam 5 (lima) bidang antara lain: pendidikan; UMKM-Perdagangan; Pemuda, seni dan budaya; pariwisata; dan smart city. Berkaitan dengan hal tersebut, Universitas Tidar Kota Magelang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Magelang dan Kedutaan Besar RI untuk Russia berinisiatif untuk menyelenggarakan kuliah umum dengan tema : “Hubungan Indonesia Rusia: Menyongsong Kerjasama Kota Kembar antara Tula Oblast dengan Pemerintah Kota Magelang” yang diselenggarakan pada hari Selasa, 16 November 2021, Pukul 14.00 WIB – 16.00 WIB.

Kuliah diikuti oleh 1.318 akun melalui aplikasi zoom dan 258 viewer melalui aplikasi youtube. Sebagai narasumber tunggal dalam kuliah umum dimaksud adalah: Bapak Jose Antonio Morato Tavares – Duta Besar RI untuk Russia.

Dalam kesempatan tersebut Bapak Jose mengatakan bahwa peluang Indonesia dalam ekonomi Russia masih sangat besar.Nilai Ekspor Indonesia ke Rusia selalu meningkat setiap tahun, meski dalam masa pandemi. Disampaikan pula produk-prpduk yang dapat diterima di pasar Russia yang mungkin menjadi peluang industry di Kota Magelang.

Dalam hal kerja sama kota kembar antara Tula Oblast - Russia dengan pemerintah Kota Magelang – Indonesia, lebih lanjut dipaparkan latar belakang pemilihan penyandingan kedua kota tersebut, diantaranya keduanya merupakan kota yang memiliki sarana pendidikan tinggi, termasuk pendidikan tinggi untuk militer. Ke depan sangat diharapkan terwujudnya kerjasama akan ditindaklanjuti dengan kerjasama riil di semua bidang sehingga membawa manfaat bagi kedua kota.

Secara lengkap rekaman kuliah umum tersebut dapat dilihat ulang di tautan berikut.