Untuk menjaring masukan untuk perbaikan rancangan RKPD 2023, maka pada hari Kamis tanggal 3 Februari 2022 bertempat di aula Adipura Kencana Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang melaksanakan kegiatan Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2023.

Dalam kegiatan ini dibuka dan dipimpin oleh Wali Kota Magelang dr. H. Muchamad Nur Aziz,Sp.PD,K-GH,FINASIM. Turut hadir wakil Wali Kota Magelang K.H.Drs.M.Mansyur, M.Ag dan sekretaris daerah Kota Magelang Drs. Joko Budiyono.

Narasumber dari Universitas Tidar Magelang Dr. Dra. Eny Boedi Orbawati, M.Si memaparkan bahwa tahapan pemberdayaan masyarakat terbagi menjadi 3, yaitu :

  1. Tahapan penyadaran dan pembentukan perilaku menuju perilaku sadar dan peduli sehingga merasa membutuhkan peningkatan kapasitas diri.
  2. Tahap transformasi kemampuan pengetahuan, kecakapan keterampilan aggar terbuka wawasan dan memberikan keterampilan agar terbuka wawasan dan memberikan keterampilan dasar sehingga dapat mengambil peran di dalam pembangunan.
  3. Tahap peningkatan kemampuan intelektual, kecakapan-keterampilan sehingga terbentuklah inisiatif dan kemampuan inovatif untuk mengantarkan pada kemandirian.

Ahmad Miftakhul Khoiri, S.AP, M.AP dari Universitas Brawijaya Malang dalam paparannya menyampaikan bahwa dalam menentukan prioritas pembangunan memperhatikan rujukan dokumen perencanaan pembangunan dan tata ruang dan juga dalam menentukan prioritas memeprhatikan pendekatan perencanaan pembangunan daerah.