• 5
  • 1
  • 6
  • 2
  • 3
  • 4

Magelang – Walikota Magelang, Sigit Widyonindito menunjuk Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang, Joko Suparno untuk menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda). Hal itu setelah Sekda sebelumnya, Sugiharto, resmi purna tugas karena mengajukan Masa Persiapan Pensiun (MPP).

“Yang akan menjabat Plh Sekda Kota Magelang sementara adalah Joko Suparno. Yang bersangkutan baru satu jam ini saya panggil. Banyak yang bertanya-tanya siapa, siapa pun nggak masalah, semua memenuhi syarat,” ujar Sigit, di sela acara Purna Tugas Sekda Kota Magelang di Pendopo Pengabdian Walikota Magelang, Rabu (1/8/2018).

Sigit menambahkan, ada aturan baru yang mengatur tentang Plh Sekda. Yakni terkait rentang waktu masa jabatan Plh.

“Ada rentang waktu jabatan Plh, yakni paling lama sampai 15 hari. Setelah itu, dalam waktu 5-6 hari saya harus menggodog nama Penjabat (Pj) Sekda yang harus diusulkan ke Gubernur Jawa Tengah untuk persetujuan,” ungkap Sigit.

Dalam kesempatan tersebut, Sigit juga mengucapkan terima kasih kepada Sugiharto atas loyalitas dan dedikasi yang diberikannya selama ini untuk Kota Magelang.

“Pak Sekda ini adalah seorang birokrasi tulen, memang spesialis Sekda,” katanya.

Sementara, Sugiharto mengaku sengajak mengajukan MPP sebelum masa jabatannya resmi berakhir satu tahun mendatang.

“MPP ini merupakan hak seorang Aparatur Sipil Negara (ASN). ASN bisa mengajukan MPP paling lama 1 tahun sebelum pensiun. Alasan saya mengajukan MPP karena saya sadar, saya orang kerja, saya mau membayar hutang sama keluarga,” tutur Sugiharto.

Menurutnya, tidak ada masalah yang kemudian membuat dirinya mengajukan MPP. Termasuk juga tidak ada orang yang menyuruhnya mengajukan MPP ataupun rencana untuk maju menjadi Walikota Magelang tahun 2019 mendatang.

Alasannya semata-mata, adalah karena selama menjabat sebagai Sekda, dirinya lebih banyak menghabiskan waktu untuk bekerja dibanding bersama dengan keluarga.

“Untuk itu, saya akan manfaatkan waktu 1 tahun ini buat bayar hutang sama keluarga,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Plh Sekda Kota Magelang, Joko Suparno mengaku akan segera melaksanakan tugas prioritas selama masa 15 hari ke depan.

“Pak Walikota sudah menyampaikan, tugas utama saya adalah menyiapkan usulan untuk Pj Sekda ke Gubernur. Target kami maksimal tanggl 7 Agustus nama sudah terkirim ke Gubernur,” katanya.

Tugas lainnya, lanjut Joko, adalah pengiriman Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) untuk perubahan anggaran tahun 2018. Serta tugas tambahan untuk persiapan Peringatan HUT Republik Indonesia ke-73 pada 17 Agustus mendatang.

“Kemarin panitia untuk peringatan HUT RI ke-73 sudah terbentuk, acara sudah tersusun, saya tinggal meneruskan,” ujarnya.

(humaspemkotmagelang)