Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang melaksanakan rapat koordinasi Pembahasan Konsep Program Unggulan Walikota Terkait Program Pengelolaan Sampah Komprehensif Menuju Bebas Sampah/ Magelang Cinta Organik (Magelang Cantik) pada hari Selasa, 21 September 2021 di ruang Pangripta/ Aula Bappeda Kota Magelang. 

Peserta dari rapat koordinasi ini dari perwakilan OPD terkait dan dibuka serta dipimpin oleh kepala bidang Ekonomi dan Prasarana Wilayah pada Bappeda Kota Magelang. Salah satu tenaga ahli menyampaikan bahwa untuk permasalahan sampah yang terpenting adalah bagaimana menyadarkan masyarakat untuk melakukan proses pemilahan. Tim ahli yang lain juga menyampaikan manfaat dari pengelolaan sampah belum terasa oleh masyarakat, peran serta kewilayahan dalam mendorong manyarakat di kelurahan, perlu identifikasi terkait apa2 yang perlu ditingkatkan, Perlunya membuat model pengeloaan sampah, Magelang cantik adalah bagaimana melakukan pemberdayaan masyarakat, pengelolaan sampah yang tepat untuk dikolaborasikan dengan urban farming, kekompakan dan kemauan warga untuk membangun habit yang baik dan rasa memiliki terhadap hasil-hasil pembangunan. 

Selama ini sudah ada kegiatan masyarakat dalam memilah dan mengolah sampah baik bank samapah maupun kampung organik. Kampung organik juga sudah mengolah sampah, namun perlu keberlanjutannya. Kedepannya perlu dipikirkan untuk menghidupkan kembali kampung organik. 

Catatn penting dari rapat koordinasi adalah perlunya pembelian hasil pupuk organik oleh OPD, perlu ada regulasi, tidak hanya olah masyarakat saja tetapi juga oleh semua OPD serta perlunya kajian terkait dengan regulasi tanah terlantar